Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Tata Surya

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester            : VI / 2

Alokasi Waktu                : 2 x 35 menit

 

 

I. STANDAR KOMPETENSI:

Bumi dan Alam Semesta

9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.

 

II. KOMPETENSI DASAR:

9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

 

III. INDIKATOR:

1.    Mengklasifikasikan macam-macam planet dalam tata surya.

2.    Mengetahui ciri-ciri planet dalam tata surya

 

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.    Siswa dapat mengklasifikasikan planet-planet dalam sistem tata surya.

2.    Siswa dapat mendemontrasikan, menceritakan bahwa planet memiliki ciri yang berbeda-beda.

 

V. MATER POKOK/PEMBELAJARAN:

Sistem Tata Surya

 

VI. METODE PEMBELAJARAN:

1.    Tanya jawab

2.    Diskusi

3.    Eksperimen

 

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

A.   Kegiatan Awal

1.    Guru mendemontrasikan beberapa urutan letak planet dalam tata surya.

2.    Mengajukan beberapa pertanyaan berhubungan dengan urutan planet yang ditampilkan

 

B. Kegiatan Inti

1.   Siswa dibagi  kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang siswa.

2.   Tiap kelompok membuat gambar urutan planet dengan menggunakan lembar kerja posisi planet beserta ciri-ciri planet.

3.   Setiap kelompok presentasi di depan kelas.

4.   Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran dan mencatat resumenya.

 

C. Kegiatan Akhir

Siswa menjawab beberapa pertanyaan guru secara lisan sebagai tes hasil belajar

Sebagai aplikasi materi, siswa diberi tugas membawa beberapa perlengkapan percobaan pada pertemuan berikutnya

 

VIII. ALAT DAN SUMBER:

1.    Buku IPA, kelas 6

2.    204  Percobaan yang menakjubkan hal 108

3.    Media tata surya (urutan tata surya)

4.    Gambar tata surya.

 

IX. PENILAIAN: 

1.    Tertulis

Soal-soal Evaluasi tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian.

2.  Kinerja / Perbuatan

Ø Aktivitas siswa dalam tanya jawab dan diskusi

Ø Aktivitas siswa dalam melakukan percobaan

3.   Portofolio

Ø Pemahaman siswa terhadap sistem tata surya dan ciri planet.

                                                                                                       

Mengetahui,                                                             …………, ………………….

Kepala SD …………….                                                Guru ………..

 

 

 

…………………………….                                      ……………………………

NIP. …………………..                                                    NIP. ………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar